Labels

Blog Archive

Kamis, 10 April 2008

ANALISA SWOT


Strength – kekuatan
Weaknesses - kelemahan
Opportunity – Peluang/Kesempatan
Threats - Ancaman

Adalah bentuk analisa yang diperoleh dari indentifikasi masalah hingga bagaimana langkah yang dianggap tepat untuk mendapat result yang diharapkan. Ini contoh Swot Analisys yang biasa digunakan dalam dunia pendidikan mata pelajaran ICT

  • Strength – kekuatan
    Ribuan guru dan tenaga kependidikan telah mampu mengoperasikan komputer, dengan berlatih sendiri maupun melalui pelatihan yang diselenggarakan suatu lembaga/instansi
    Banyak guru telah mampu membuat bahan ajar presentasi dan interaktif
    Siswa telah mahir menggunakan komputer
    Sekolah telah memiliki laboratorium komputer
    Pimpinan sekolah menginginkan hadirnya e-learning di sekolahnya
    Pemerintah dan dunia industri mendorong pemanfaatan ICT untuk pendidikan
  • Weaknesses – kelemahan
    Baru sedikit guru yang menggunakan ICT sebagai alat bantu dan media mengajar
    Hanya sedikit guru yang tahu cara menggunakan dan menyajikan alat bantu ICT dalam kegiatan belajar-mengajar
    Siswa tidak disediakan dan tidak ditunjukkan dimana bahan ajar yang harus menjadi acuannya
    Laboratorium komputer hanya menjadi sarana ‘belajar menggunakan komputer’, bukan sebagai tempat belajar mata pelajaran lain
    Pimpinan sekolah tidak paham bagaimana ICT dapat dimanfaatkan untuk e-learning di sekolahnya
    Pemerintah dan dunia industri tidak focus dalam usaha pemanfaatan ICT untuk pendidikan
    Pemerintah dan kalangan pengusaha lambat dalam melakukan kerja sama untuk menyediakan infra struktur akses internet secara merata dan memadai

  • Opportunity – Peluang/Kesempatan
    Banyak tersedia bahan belajar di internet yang dapat didownload untuk diadopsi dan diadaptasi sehingga dapat disajikan sebagai bahan belajar di sekolah
    Siswa memiliki sarana untuk belajar menggunakan e-learning (flash disk, MP3/MP4/MP5 player, VCD/DVD Player, HP/PDA dan komputer)
    Laborarorium sekolah yang telah memiliki koneksi jaringan lokal (LAN) dapat dimanfaatkan untuk kegiatan belajar-mengajar berbasis web
    Pimpinan sekolah telah mengalokasikan anggaran untuk pengembangan ICT di sekolahnya
    Pemerintah melalui instansi terkait secara besar-besaran melakukan pelatihan untuk kalangan pendidikan dalam menggunakan ICT

  • Threats - Ancaman
    Guru yang memiliki pengetahuan di bidang ICT menjadi putus asa karena minimnya sarana dan prasarana
    Siswa menggunakan komputer hanya sebagai sarana bermain bukan sebagai alat belajar
    Investasi pembuatan jaringan (LAN) di sekolah tidak berfungsi optimal
    Pimpinan sekolah merasa gagal, karena e-learning yang diharapkannya tidak mampu berjalan dengan tidak tersedianya bahan ajar untuk guru dan siswa
    Fungsi e-learning dan ICT secara keseluruhan hanya dapat dinikmati di sekolah perkotaan dan tidak mampu untuk mengatasi kesenjangan belajar di daerah pinggiran
Bookmark this post:
StumpleUpon Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google

About This Blog

 

Copyright 2009 All Rights Reserved Magazine 4 column themes by One 4 All